Yang Baru di SMK Nida El Adabi Di Tahun Ajaran Baru 2017/2018

smk unggulan kabupaten bogor

SMK Nida El Adabi, SMK Unggulan di Parungpanjang Bogor-Tahun ajaran 2017/2018 ini ada yang baru di SMK Nida El Adabi. Yang baru tersebut Insha Allah akan memberi perubahan positif bagi sistem pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan yang berada dibawah Yayasan Pendidikan Islam Nida El-Adabi ini. Yang baru tersebut bukan cuma siswa baru, bukan cuma jadwal baru, bukan cuma kalender pendidikan baru, bukan cuma struktur manajemen baru, melainkan semangat baru guru-guru SMK Nida El Adabi yang terus membangun sistem, membangun semangat, membangun team work, membangun model dan metode, membangun rintisian sekolah unggulan berkarakter keagamaan.

Apa saja yang baru di SMK Nida El-Adabi di tahun ajaran 2017/2018 ini?

  1. Struktur kurikulum yang digunakan. Di tahun ajaran baru ini SMK Nida El-Adabi mulai merintis kurikulum baru, yaitu kurikulum 2013 edisi revisi / kurnas. Sekalipun SMK Nida El-Adabi belum ditunjuk sebagai sekolah sasaran yang diwajibkan untuk menggunakan struktur kurikulum 2013, SMK Nida El-Adabi sedikit-demi sedikit mulai menerapkan struktur kurikulum baru tersebut. Dengan harapan di tahun ajaran 2018/2019 nanti, sesuai edaran dinas pendidikan, bahwa semua satuan pendidikan tingkat SMK sudah harus menggunakan kurikulum 2013 tersebut. Kami tidak mau menunggu, dan menerapkannya sejak tahun ajaran baru ini adalah pilihan terbaik, kalaupun nanti ada kekurangan dalam hal penerapan kami bisa segera mengetahui dan memperbaikinya, tentu dengan berkonsultasi dengan pengawas pembina dan pembinaan lainnya, sehingga di tahun ajaran 2018/2019 kami benar-benar sudah siap kurnas.
  2. Perubahan waktu belajar. Jika pada tahun ajaran sebelumya, jam belajar di SMK Nida El-Adabi dimulai dari jam 07.00 WIB s.d 14.00 WIB, dari senin sampai dengan sabtu. Pada tahun ajaran 2017/2018 ini kami memanjangkan durasi waktu belajar, yakni dari jam 07.00 WIB s.d 15.30 WIB, dari hari senin sampai dengan jum’at. Penambahan durasi waktu belajar tersebut bukan semata-mata mengakomodir jumlah jam mengajar pada struktur kurikulum 2013, melainkan ingin memperbaiki pelayanan kami dalam hal pengajaran maksimal.
  3. Penguatan terhadap penanaman nilai-nilai keagamaan. Yaitu 30 menit sebelum belajar, terlebih dahulu siswa-siswi dibimbing untuk BTQ dan tadarus. Jam 09.00, atau istirahat pertama siswa dibimbing untuk sholat duha bersama. Jam 12.00, atau istirahat kedua, siswa sholat Dzuhur berjamaah dan dilanjutkan dengan makan siang. Dan sebelum pulang, siswa dibimbing untuk sholat Asyar berjamaah.
  4. Penambahan SDM dan Fasilitas. Untuk memaksimalkan bimbingan dan pengajaran sebagai salah satu layanan utama sistem pendidikan di SMK Nida El-Adabi, untuk tahun ajaran baru ini kami juga menambah SDM pada beberapa mata pelajaran dengan SDM yang sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya, terutama pada beberapa mata pelajaran produktif. Dan kami yakin, penambahan SDM dengan latar belakang pendidikan yang sesuai saja tidak cukup tanpa didukung dengan fasilitas yang memadai, atau minimal memenuhi standar minimal, karenanya di tahun ajaran baru ini juga kami akan menambah fasilitas-fasilitas vital pendukung praktik mata pelajaran produktif baik di kompetensi teknik pemesinan maupun Multimedia.

Nah itu yang baru di SMK Nida El-Adabi di tahun ajaran baru 2017/2018 ini. Mudah-mudahan sesuatu yang baru tersebut bisa berdampak positif bagi perkembangan sistem pendidikan yang kami kelola, dengan harapan utama tentu dapat memberi pelayanan maksimal yang outputnya adalah lahirnya siswa-siswa dengan kemampuan yang bisa diandalkan sesuai dengan kompetensi keahlian yang mereka pilih baik di teknik pemesinan maupun multimedia.

Kami yakin untuk mewujudkan lembaga pendidikan dengan visi utama memberi pelayanan bidang pendidikan yang maksimal tidaklah mudah, karenanya kami dengan segenap SDM akan terus mengembangkan diri, mengembangkan potensi, mengembangkan sistem, dengan segala daya dan ikhtiar maksimal kami. Karena kami yakin bahwa anak-anak yang dititipkan di lembaga SMK Nida El-Adabi adalah anak-anak harapan para orang tua, anak-anak calon generasi bangsa, dan itu adalah amanah. Dan sebaik-baik manusia adalah yang mampu menjaga amanah tersebut. Begitupun, sebaik-baik lembaga pendidikan adalah lembaga pendidikan yang mampu menjaga amanah mendidik dengan sungguh-sungguh. Semoga kami bisa amanah. Amiin.

__________________
Info diatas ditulis oleh:
Mulyadi, S.Kom
Wakabid Kurikulum SMK Nida El-Adabi

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

WordPress spam blocked by CleanTalk.